Kamis, 28 Juni 2018

PEMOGRAMAN MULTIMEDIA PADA BIDANG MANUFAKTUR DAN SISTEM MULTIMEDIA PADA BIDANG MANUFAKTUR



PEMOGRAMAN MULTIMEDIA PADA BIDANG MANUFAKTUR

1.1       PEMOGRAMAN  MULTIMEDIA PADA BIDANG MANUFAKTUR
            Ada beberapa pemrogaman engineering dalam multimedia yang terdapat dalam bidang manufaktur, diantarnya adalah:
1. aplikasi development
Berdasarkan pada kemampuan problem solving, non we software development. Bahasa pemograman yang digunakan diantaranya java dan c#
2. system development
Desain dan coding. Digunakan untuk support aplikasi development. Bahasa yang digunakan antara lain c dan c++
3. web development
Melakukan desain desain software atau aplikasi untuk dijalankan pada web. Menggunakan pemrogaman seperti html, javascript dan php.
4. embedded system development
Melakukan desainsistem komputer dan software untuk digunakan perangkat komputer, seperti mobil. Menggunakan Bahasa pemograman seperti c dan gabungan Bahasa lainnya
          
            Untuk simulasi, produksi serta mendesain sebuah produk pada bidang manufactur kita bisa menggunakan:
1. autocad
2. Autodesk
3. Inventor
4. solidwork
5. catia
6. 3dmax
7. mastercam dll

            Adapun software penunjang seperti yang ada di perusahaan
1. microsof (word, exel, powepoint, database dll)
2. adobe (ilustrasi, primer dll)
3. dan perusahaan software yang lainnya

1.2       TENTANG MULTIMEDIA
            Multimedia berasal dari kata Multi yang berarti dari beberapa dan kata Media memiliki arti pembawa informasi yang spesifik, jadi singkatnya Multimedia memiliki definisi pembawa beberapa informasi yang spesifik
            Menurut Vaughan ; 2004 Multimedia didefinisikan sebagai kombinasi teks, seni, suara, gambar, animasi dan video yang disampaikan dengan Mengenal Komunikasi Multimedia dan Sistem Operasi Komputer Macintosh Jurnal Komunikologi Volume 9 Nomor 1, Maret 2012 45 komputer atau di manipulasi secara digital dan dapat disampaikan dan atau dikontrol secara interaktif.
            Definisi lainnya mengenai Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. ( wikipedia ).
            Komunikasi Mutimedia Suatu proses yang melibatkan elemen-elemen atau komponen-komponen sebagai pembawa beberapa informasi yang spesifik berupa kombinasi teks, seni, suara, gambar, animasi dan video dapat juga di manipulasi secara digital yang dapat disampaikan dan atau dikontrol secara interaktif dengan komputer, perangkat elektronik dan atau media elektronik lainnya.

            Karakteristik Multimedia Terdapat empat karakteristik dasar sistem multimedia :
1.Multimedia merupakan sistem yang dikontrol oleh komputer,
2.Multimedia merupakan sebuah sistem yang terintegrasi
3.Sebagai informasi yang direpresentasikan secara digital,
4.Antarmuka pada media tampilan akhir biasanya bersifat interaktif. (Marshall, 2001)

            Organisasi pengembang multimedia
Organisasi pengembang multimedia memiliki jumlah yang tidak sedikit, diantaranya :
1. Organisasi Pengembang Multimedia berbentuk CD ROM atau berbasis web Organisasi ini bisa terdiri dari tenaga yang memiliki keahlian pada bidang multimedia dan bekerja merangkap mengerjakan hal-hal lainnya,
contoh: seorang desain grafis tidak hanya mengerjakan bagian grafis tetapi juga mengerjakan desain antarmuka, pemindaian dan pemrosesan gambar. (Vaughan ; 2004)
Selain itu ada pula organisasi yang terdiri dari tenaga yang memiliki keahlian pada bidang multimedia dan bekerja berdasarkan cakupan proyek dan individu yang dibutuhkan ( terdiri dari banyak tenaga kerja biasanya 18 anggota ). (Wes Baker, Profesor Cedarville University, Ohio).

2. Organisasi Pengembang Multimedia berbentuk Aplikasi Interaktif Kualitas Tinggi ( Game, Aplikasi Pendidikan, Pelatihan Komersial, Situs Web Interaktif ) Organisasi ini bisa terdiri dari tenaga yang memiliki keahlian pada bidang multimedia.

SISTEM MULTIMEDIA PADA BIDANG MANUFAKTUR

1.1       SISTEM MULTIMEDIA PADA BIDANG MANUFAKTUR
            Sistem multimedia dapat direpresentasikan dengan menggunakan sebuah storyboard. Storyboard ini mempunyai thumbnail, deskripsi ataupun gambar setiap screen dari sistem yang ingin dibuat. Storyboard dapat menampilkan layar navigasi, informasi yang ingin disampaikan, dan apa yang ditunjukkan oleh grafik atau gambar. Tujuan dari storyboard adalah untuk menyeimbangkan struktur multimedia antara bagaimana informasi tersebut disampaikan kepada pengguna dan kemudahan untuk menggunakan sistem multimedia tersebut.
1.         Linier
            Storyboard jenis linier ini digunakan pada saat pengguna ingin melihat informasi dalam urutan yang tetap. Pengguna hanya diperbolehkan untuk bergerak maju atau
mundur. Ciri-cirinya berbentuk sederhana, bersifat logis, dan cocok untuk produkproduk
kecil.

2.         Hirarkis
            Storyboard jenis hirarkis memungkinkan pengguna untuk melihat materi yang
dipresentasikan secara mendalam untuk topik-topik tertentu. Informasi masih
dipresentasikan dalam model linier, tetapi pengguna dapat memilih topik-topik
tertentu yang ingin disampaikan, tidak hanya bergerak maju atau mundur seperti
model linier. Ciri-cirinya memiliki menu indeks pada tampilan awal, mudah untuk
dipahami. Model hirarkis ini cukup umum digunakan orang.

3.         Non-linier Storyboard
            Jenis ini memungkinkan pengguna untuk bergerak bebas di antara materi-materi selama presentasi. Kebanyakan presentasi yang menggunakan model ini biasanya memiliki sifat yang interaktif, misalnya menyajikan permainanpermainan. Ciri-cirinya adalah bersifat sangat fleksibel.

4.         Kombinasi
            Berjenis kombinasi atau sering juga disebut komposit ini, berbentuk gabungan dari bagian-bagian model linier, hirarkis, dan juga non-linier. Contoh sederhana yaitu presentasi yang menggunakan model linier untuk topik pengenalan, model hirarkis untuk memilih topik-topik utama yang ingin disampaikan, dan terakhir yaitu model non-linier untuk menjelaskan topic utama yang dipilih secara terperinci.

            Alasan mengapa menggunakan sistem multimedia
• Memberikan Kemudahan penggunaan
• Interface Intuitif
• Immersive Pengalaman
• Self-paced Interaksi dan Retensi Lebih Baik
• Pemahaman konten yang lebih baik
• Lebih menyenangkan = lebih efisien

1.2       APLIKASI MULTIMEDIA PADA BIDANGNYA
1.         Bidang Teknik
            Insinyur Perangkat Lunak dapat menggunakan multimedia di komputer Simulasi untuk apa pun untuk pelatihan seperti pelatihan atau industri. Multimedia untuk interface perangkat lunak sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara profesional kreatif dan insinyur perangkat lunak.

2.         Bidang Industri
            Di sektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk membantu informasi hadir untuk pemegang saham, atasan dan rekan kerja. Multimedia juga sangat membantu untuk menyediakan pelatihan karyawan, iklan dan penjualan produk di seluruh dunia melalui hamper teknologi berbasis web unlimited.

3.         Bidang Penelitian Ilmiah
            Dalam penelitian matematika dan ilmiah, multimedia terutama digunakan untuk pemodelan dan simulasi. Sebagai contoh, seorang ilmuwan dapat melihat model molekul zat tertentu dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.

Sumber:
http://vandrylham.blogspot.com/2018/04/sistem-multimedia-pada-bidang-manufaktur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar